Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 05 Juni 2013

T ugas Mahasiswa Resume Belajar On-line

TUGAS RESUME
BAB 7: BELAJAR ONLINE
Belajar Melalui Jaringan Internet dan Komputer

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu: Siti Rofi’ah, M.Pd.


Disusun Oleh:
Fauzun Nurish Sholihah        (NIM: 02.9369)
Imas Septyani Guntur           (NIM: 02.8047)
Sudarmi Wiyanti                    (NIM: 02.9530)
Triningsih Karimah                (NIM: 02.8184)
Umi Hani’ah                           (NIM: 02.8183)
Wahyu Karimah                     (NIM: 02.7849)



SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA ISLAM
MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA
TAHUN 2013



Tugas Resume Bab Tujuh:
BELAJAR ONLINE
Belajar Melalui Jaringan Internet dan Komputer

PENGERTIAN BELAJAR ONLINE
Belajar online yang juga dikenal dengan istilah electronic learning atau e-learning, merupakan hasil dari pengajaran yang disampaikan secara elektronik menggunakan media berbasis komputer. Saat ini, model belajar online semakin marak digunakan. Sehingga pada proses pembelajaran, para siswa tidak lagi hanya bergantung pada buku  cetak, tapi juga pada materi yang terletak jauh melampaui dinding bangunan sekolah.
Para guru dan siswa bisa  belajar dikelas dengan mengakses informasi dari berbagai sumber, berkomunikasi via komputer dengan siswa lainnya atau dengan ahli dalam bidang tertentu dan dapat pula saling bertukar data. Karena komputer memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dalam sarana apapun (termasuk, cetakan, video, rekaman audio dari suara dan musik), maka komputer telah menjadi perpustakaan yang tak terbatas.
Pada tataran aplikasi, belajar online adalah pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi atau bimbingan, atau dapat pula sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet.
Keuntungan Belajar Online
a)    Keragaman media
Melalui sarana internet kita bisa mendapatkan beragam media yang dibutuhkan termasuk teks, audio, grafik, animasi, video, dan piranti lunak  yang bisa diunduh.
b)    Informasi terbaru
Perpustakaan tanpa batas ini terus diperbaharui setiap hari, jadi kita bisa mendapatkan perkembangan informasi tentang suatu hal yang ingin kita ketahui.
c)    Navigasi
Dengan tekanan sebuah tombol atau click pada sebuah mouse, para pengguna bisa mencari berbagai dokumen dalam berbagai lokasi tanpa perlu berpindah dari komputer mereka.
d)    Pertukaran gagasan
Para siswa bisa terlibat “percakapan” dengan para ahli dalam sebuah bidang tertentu.
e)    Komunikasi yang nyaman
Para siswa bisa berbicara satu sama lain pada waktu yang berbeda dan meresponnya berdasarkan kenyamanan mereka sendiri.
f)     Biaya murah
Biaya peranti keras, peranti lunak dan layanan internet adalah nominal yang terus menurun.
Keterbatasan Belajar Online
a.    Materi yang tidak sesuai
Beberapa topik  yang dibahas di jaringan computer, terutama di internet tidak sesuai dengan para siswa.
b.    Hak cipta
Karena  informasinya mudah diakses sehingga berkemungkinan bagi siswa untuk membuat proyek yang hanya “copy-paste” dan bukan karya mereka sendiri.
c.    Pencarian informasi
Penambahan informasi yang bertumbuh setiap hari menjadikan pencarian informasi menjadi sulit
d.    Dukungan
Tanpa dukungan tekhnis dan manejemen yang bijaksana sebuah jaringan computer mungkin “mati’ dengan cepat
e.    Akses
Untuk bisa mengakses internet, komputer harus memiliki peranti keras dan peranti lunak  yang dinstal.
f.    Kecepatan akses
Keterbatasan lain adalah kecepatan untuk mengakses informasi oleh pengguna.
g.    Kurangnya kontrol kualitas.
Pengguna harus berpikir kritis untuk memilah informasi yang ada karena informasi tersebut bisa saja keliru, tidak penting dan tidak bisa dipercaya.
WebQuest
Istilah webQuests berasal dari San Diego State University, Departemen Teknologi Pendidikan (San Diego State University Department of Educational Technology). WebQuest merupakan suatu penyelidikan dengan berorientasi pada pelajaran format yang sebagian besar atau semua informasi yang bekerja dengan peserta didik berasal dari web. Model ini dikembangkan oleh Bernie Dodge di San Diego State University pada Februari 1995.
WebQuest merupakan aktivitas simulasi yang berorientasi penyelidikan di mana beberapa atau seluruh informasi yang digunakan para siswa untuk berinteraksi berasal dari sumber daya di internet. Pak guru bisa menggunakan “WebQuest” untuk membantu para siswa menggunakan web secara efektif dalam mengumpulkan informasi dalam kegiatan yang berpusat pada siswa.
Terdapat beberapa tahapan spesifikasi bagi para siswa dalam sebuah WebQuest:
a.       PengantarSebuah skenario tentang beberapa isu atau konsep kunci untuk mempersiapkan  para siswa mengajukan pertanyaan.
b.      Tugas-tugas – Para siswa mengidentifikasikan isu atau masalah dan mengajukan pertanyaan kepada WebQuest.
c.       Proses – Dalam kelompok, para siswa mengemban peran dan mulai mengidentifikasi prosedur yang akan mereka ikuti untuk mengumpulkan informasi dan untuk menjawab pertanyaan.
d.      Sumber-sumber  – Sumber-sumber daya diidentifikasi oleh guru dan para siswa untuk diselidiki dalam WebQuest mereka.
e.      Kesimpulan – Kesimpulan merupakan akhir dari WebQuest, dan mengajak para siswa untuk menyelidiki isu atau masalah tersebut.
JARINGAN
Adalah pengetahuan  umum bahwa komputer dapat digunakan untuk menghubungkan siswa dengan masyarakat dan sumber daya yang ada diluar kelas. Manfaat jaringan yaitu bahwa setiap orang bisa berkomunikasi dalam jaringan dan setiap individu bisa mengakses informasi yang diperlukan. Jaringan yang paling sering digunakan adalah internet. Salah satu bentuk penggunaan  internet dalam pendidikan  adalah electronic mail (e-mail). Selain itu juga ada Instant Messaging (IM), yaitu pembicaraan teks saat itu juga (real-time) dan berkelanjutan dengan orang tersebut.
Melalui jaringan internet, guru  tidak hanya bisa berkomunikasi dengan seorang siswa secara langsung melalui percakapan tertulis, namun juga bisa berkomunikasi secara serentak menggunakan teks, suara, dan video, misalnya seorang guru dalam melakukan suatu diskusi kelompok kecil dengan beberapa siswa tanpa terbatasi oleh ruangan.
Jaringan Area Lokal (LAN)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan yang paling sederhana. Sebuah LAN  menghubungkan komputer-komputer di dalam area yang terbatas, biasanya sebuah ruang kelas, bangunan atau laboratorium. Sebuah LAN bergantung pada sebuah komputer terpusat yang disebut file server, yang melayani seluruh komputer yang terhubung melalui pengkabelan khusus atau sistem nirkabel.
Melalui LAN, seluruh ruang kelas dalam satu sekolah bisa memiliki akses ke kumpulan peranti lunak sekolah tersebut. Banyak  sekolah yang memperbolehkan guru dan siswa menyimpan tugas komputer mereka dalam folder personal pada server. Selain itu LAN juga bisa mengurangi beban kerja koordinator teknologi, seperti menginstal peranti lunak,menginventaris dan tugas-tugas lainnya.
Jaringan Area Luas (WAN)
             WAN adalah jaringan yang meluas melampaui dinding sebuah ruang atau bangunan, seperti kampus. Dalam Wide Area Network (WAN), bangunan dihubungkan dengan sebuah komputer pusat yang bertindak sebagai induk untuk seluruh peranti lunak yang digunakan bersama.
Jaringan Nirkabel
Jaringan yang menghubungkan komputer tanpa kabel, tetapi menggunakan frekuensi radio, atau teknologi infra merah. Yang bersandar pada stasiun pangkalan untuk koneksi ke jaringan. Jika Sebuah kota atau kampus  yang telah menginstal jaringan nirkabel ini, maka komputer tidak lagi terikat ke terminal kerja. Laptop bisa digunakan dimana saja dalam ruangan, bangunan atau area kampus dan tentu saja memiliki akses ke internet.
Internet
Merupakan sistem yang mencakup wilayah di seluruh dunia untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer yang lebih kecil secara bersama-sama. Bantuan Ini merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari jaringan-jaringan dengan kumpulan jutaan jaringan komputer yang melayani milyaran orang diseluruh dunia. Peranti lunak komunikasi khusus, menghubungkan komputer dengan layanan telekomunikasi. Mencari informasi dalam internet cukup rumit, karena tidak ada katalog perpustakaan atau sistem Decimal Dewey. Karena itu internet dianggap sebagai sebuah perpustakaan dimana setiap rak berlabel “serba-serbi”. Setiap pengguna Internet memiliki satu alamat yang unik. Alamat internet berisi tiga bagian, yaitu; nama pengguna, jaringan, jenis organisasi.
WORLD  WIDE WEB
World Wide Web (WWW) merupakan  sebuah jaringan dari jaringan-jaringan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, melihat dan menyimpan dokumen yang bisa meliputi teks, data, suara dan video. World Wide Web tidak terpisah dari internet, karena ia melaju di atas internet dalam cara yang sama seperti sebuah aplikasi microsoft power point, yang berjalan di atas sistem operasi seperti windows.
Intranet
Merupakan sebuah jaringan yang tidak digunakan secara umum, tetapi secara internal oleh sebuah sekolah atau organisasi. Intranet merupakan jaringan tertutup yang menghubungkan berbagai situs diseluruh Negara bagian, Negara atau seluruh dunia. Sistem yang terhubung ke intranet bersifat privat dan bisa diakses hanya secara individual di dalam sekolah atau organisasi tersebut. Meskipun sebuah intranet mungkin terhubung ke jaringan yang lebih besar, misal ke internet, maka sebuah paket piranti lunak yang disebut firewall  digunakan untuk mencegah pengguna eksternal dari mengakses jaringan internal, sembari membolehkan para pengguna internal untuk mengakses jaringan eksternal.
Keuntungan
a.       Kemudahan komunikasi Sebuah jaringan memungkinkan  masyarakat untuk berkomunikasi satu sama lain.
b.      Berbagi piranti keras -  misalnya printer yang banyak diakses oleh banyak pengguna.
c.       Pemusatan – Informasi dalam database pusat yang bisa diakses oleh seluruh guru atau siswa.
d.      Konsistensi – Karena adanya lokasi informasi terpusat, seluruh siswa dan guru menampilkan pendidikan yang serupa.
e.      Keterbaruan Setiap orang memiliki akses ke versi material yang paling terbaru.
Keterbatasan
a.       Biaya – Perlu biaya mahal untuk membangun sebuah jaringan seluas gedung
b.      Membutuhkan piranti lunak yang kompatibel dengan jaringan – Piranti lunak semacam ini biasanya biayanya mahal.
c.       Jumlah pengguna yang terbatas – Tanpa perlengkapan ekstra, para pengguna mungkin harus menunggu giliran untuk dapat mengakses.
d.      Koneksi terputus - Sambungan dari rumah terkadang mendapati masalah jaringan atau koneksi terputus.
e.      Kecepatan respon – Waktu respon bisa sangat lambat untuk mengirim atau mengunduh gambar, foto, animasi, audio atau video.
ISU-ISU DALAM BELAJAR ONLINE
Isu-isu penting terkait dengan belajar elektronik terutama mengenai penggunaan internet, antara lain;
a.       Keamanan
Para siswa seharusnya diperintahkan untuk tidak memberikan nomor telepon, alamat dan informasi personal mereka di internet untuk keamanan mereka sendiri.
b.      Pemantauan terhadap pemanfaatan oleh para siswa
Guru dan orang tua harus memantau siswa ketika menggunakan internet agar mereka tidak menelusuri material yang tidak sesuai baik disengaja maupun tidak disengaja.
c.       Kebijakan penggunaan yang bisa diterima (Acceptable Use Policies – AUP)
Merupakan kesepakatan antara para siswa, orang tua/wali dan pihak sekolah untuk memilihkan apa yang dianggap oleh pengguna internet sesuai untuk seluruh pihak yang terlibat.
d.      Etika
Terdapat aturan informal untuk prilaku yang semestinya di Internet. ‘Aturan main’ tersebut antara lain;
1)         Pertahankan membuat pesan yang singkat dan sederhana.
2)         Identifikasikan diri sebagai pengirim dalam komunikasi.
3)         Periksa kembali alamat sebelum mengirim pesan.
4)         Jangan menuliskan apapun yang tidak ingin pesan tersebut dibaca orang lain selain si penerima untuk membacanya.
5)         Periksa ejaan, tanda baca, dan tata bahasa.
6)         Bersikap sensitiflah pada orang lain.
7)         Jangan gunakan kata-kata sindiran.
8)         Berhati-hatilah dengan humor.
9)         Bekerjasama dan saling berbagi.
10)     Cermatlah mempertimbangkan hak cipta
11)    Waspadalah akan kecabulan.
12)    Dan lain sebagainya.


Post Test halaman 265
1.      Identifikasikanlah tiga perbedaan antara belajar online dan pendidikan jarak jauh!
No.
Belajar online
Pendidikan Jarak Jauh
1.
Pembelajaran dilakukan melalui media komputer dan biasanya menggunakan jaringan serta internet.
Belajar-mengajar dilakukan melalui media telekomunikasi, misalnya melalui telepon dan televisi.
2.
Komunikasi biasanya bersifat dua arah.
Komunikasi sering kali bersifat satu arah.
3.
Interaksi pembelajaran yang dilakukan seakan tanpa batas, baik dari sisi ruang dan waktu. Jadi, belajar online terasa lebih efektif dan efisien.
Meskipun dapat dilakukan kapan saja, tetapi dari sisi ruang/jarak seakan menjadi batasan, misal: pendidikan jarak jauh tidak mampu mengadakan interaksi visual secara langsung.

2.      Identifikasikanlah lima keuntungan dan lima keterbatasan dari pembelajaran online!
No.
Keuntungan Belajar Online
Kerugian Belajar Online
1.
Tersedianya keragaman media untuk dimanfaatkan
Sering terjadi pelanggaran hak cipta karena kebiasaan copy-paste
2.
Sajian informasi selalu diperbarui  (up to date)
Terkadang sajian materi tidak sesuai kebutuhan usia pengguna (siswa)
3.
Kecepatan navigasi untuk berpindah dari satu laman ke laman atau dari satu dokumen ke dokumen lainnya
Terjadinya Crowded of information yang menyebabkan lamanya proses pencarian data
4.
Memungkinkan adanya pertukaran  gagasan dengan para ahli
Jaringan komputer mungkin saja mati dengan cepat, karenanya dibutuhkan dukungan dari teknisi ahli
5.
Biaya pengeluaran lebih murah
Kurangnya kontrol kualitas terhadap materi yang disajikan.

3.      Identifikasikanlah tiga karakteristik dari LAN, WAN dan jaringan nirkabel!
No.
Karakteristik LAN
Karakteristik WAN
Karakteristik Jaringan Nirkabel
1.
LAN hanya menghubungkan komputer-komputer untuk area yang terbatas
WAN bisa menghubungkan komputer-komputer dalam area geografis yang luas
Menghubungkan jaringan komputer  tanpa butuh kabel
2.
Sebuah LAN bergantung pada komputer terpusat (file server)
WAN dihubungkan dengan komputer pusat yang bertindak sebagai induk seluruh piranti lunak yang digunakan
Komputer tidak lagi terikat ke terminal kerja
3.
LAN dalam suatu area dapat mengurangi beban kerja dari koordinator teknologi
Memungkinkan terjadinya interaksi antar komputer  atau konferensi komputer  untuk pertukaran informasi berupa teks, visual, audio dan grafis
Menggunakan frekuensi radio atau teknologi infra merah untuk koneksi ke jaringan

4.      Jelaskan internet dan sebutkan tiga keuntungan bagi penggunaannya dalam pendidikan!
Internet merupakan sistem lingkup dunia untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer yang lebih kecil bersama-sama. Dengan kata lain, internet merupakan sebuah jaringan dari jaringan-jaringan dengan kumpulan jutaan jaringan komputer yang selalu berubah-ubah, yang melayani miliyaran manusia di seluruh dunia.
Tiga keuntungan internet bagi penggunanya dalam pendidikan:
1)      Adanya Penyedia jasa internet (ISP) komunitas atau lokal seperti sekolah, yang memungkinkan penyediaan akun internet bagi guru dan siswa tanpa dikenakan biaya.
2)      Dikembangkannya sistem koneksi semacam gateway atau portal, yang dirancang untuk meyediakan dan memudahkan pengguna mengakses ke banyak layanan internet. Usaha semacam ini sedang gencar dilakukan oleh organisasi komersial maupun pendidikan demi kemudahan akses informasi.
3)      Setiap pengguna internet memiliki satu alamat yang unik yang tidak mungkin sama persis, sehingga memungkinkan bagi praktisi maupun organisasi pendidikan sekali pun untuk membuat dan mengenali suatu alamat email, blog maupun website dengan mudah.  
5.      Jelaskan kebutuhan akan pengawasan ketika para siswa menggunakan internet!
Pengawasan yang dapat dilakukan oleh pihak guru, sekolah maupun orang tua terhadap siswa pengguna internet, sangatlah dibutuhkan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan perilaku mereka agar sesuai dengan kebutuhan dan usianya. Pengawasan juga dilakukan untuk menjauhkan para siswa dari penelusuran terhadap materi-materi yang mungkin dapat mengganggu atau bahkan merusak pikiran, jiwa dan moral mereka, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
6.      Identifikasikanlah tiga karakteristik dari intranet!
1)      Intranet merupakan jaringan berhak milik (proprietary) atau tertutup yang menghubungkan berbagai situs di seluruh negara bagian, di dalam negara atau di seluruh dunia.
2)      Sistem yang terhubung ke intranet bersifat privat dan hanya bisa diakses oleh individu di dalam sekolah atau organisasi tesebut.
3)      Adanya paket piranti lunak yang disebut firewall guna mencegah pengguna eksternal dari mengakses jaringan internal, sembari membolehkan para pengguna internal untuk mengakses jaringan eksternal.
7.      Identifikasikanlah tiga cara masing-masing yang sebuah intranet, LAN, WAN dan jaringan nirkabel bisa digunakan dalam pengajaran!
Jenis
Cara 1
Cara 2
Cara 3
Intranet
Sistem jaringan tertutup  atau proprietary  yang memungkinkan adanya privasi akses dalam satu sekolah saja, sehingga proses pengajaran dapat dipantau.
Penggunaan platform komputer yang dapat meningkatkan komunikasi, kolaborasi dan penyebaran informasi di dalam sekolah.
Penggunaan firewall untuk keamanan jaringan internal, sementara akses jaringan internal ke eksternal dapat dilakukan.
LAN
Adanya file server yang memungkinkan seluruh ruang kelas dalam satu sekolah memiliki akses yang mudah ke kumpulan piranti lunak sekolah
Penggunaan folder personal pada server yang memungkinkan guru maupun siswa menyimpan data dan tugas mereka.
Melalui sebuah lab komputer, guru dapat mengakses materi pembelajaran untuk seluruh siswa sekaligus.
WAN
Adanya komputer induk yang memungkinkan terjadinya akses aktivitas pembelajaran hingga menembus dinding antar bangunan sekolah
Dengan konferensi komputer, memungkinkan pertukaran informasi  yang berupa teks, visual, audio maupun grafis, antar dua atau lebih komputer secara bersamaan
Adanya piranti lunak dan kamera video, yang memungkinkan banyak individu terlibat diskusi secara langsung, misal: diskusi interaktif antara guru dan murid-murid yang berjauhan area.
Jaringan Nirkabel
Pembelajaran dapat dilakukan di mana saja tanpa memerlukan jaringan kabel
Komputer tidak lagi terikat ke terminal kerja, sehingga Pengajaran tidak terikat tempat dan waktu.
Memungkinkan terjadi mobilitas dalam pengajaran, baik in door maupun outdoor, asal masih masuk area jangkauan

8.      Definisikanlah etika internet dan sebutkan lima panduan bagi pengguna!
Etika Internet merupakan serangkaian aturan informal untuk perilaku yang semestinya di internet. Diantara lima panduan bagi pengguna adalah sebagai berikut:
1)         Pertahankan membuat pesan yang singkat dan sederhana.
2)         Jangan menuliskan apapun yang tidak ingin pesan tersebut dibaca orang lain selain si penerima untuk membacanya.
3)         Periksa ejaan, tanda baca, dan tata bahasa.
4)         Cermatlah mempertimbangkan hak cipta
5)        Waspadalah akan kecabulan.
9.      Identifikasikanlah salah satu isu perhatian hak cipta dan jelaskan kenapa itu penting!
Perhatian tehadap hak cipta sangatlah penting, sebab hak cipta merupakan hasil kekayaan intelektual yang seharusnya dihormati dan dihargai. Bukan untuk dimanfaatkan secara ilegal, sehingga terjadi tindakan plagiat yang dapat merugikan pemilik hak cipta dan pelaku plagiat itu sendiri, sebab plagiat merupakan kebiasaan merugikan, pelanggaran, pembunuhan kreativitas dan termasuk sebagai tindakan kriminal yang dapat mendatangkan sanksi hukum. Padahal jika kita cermati berbagai praktek di lapangan, banyak sudah pelanggaran terhadap hak cipta, seperti misalnya: kebiasaan copy-paste data maupun dokumen tanpa seijin pemiliknya. Untuk itu, dibutuhkan suatu bentuk perlindungan, pemantauan dan kerjasama dari berbagai pihak, supaya praktek-praktek pelanggaran hak cipta dapat diminimalisir.