Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 14 April 2013

Sekilas tentang , Teknologi Pendidikan.

Definisi Teknologi.
Ketika mendengar kata Teknologi, sebagian besar orang berfikir tentang berbagai macam piranti atau benda benda seperti komputer, Televisi, pemutar MP3, MP4, bahkan pesawat tempur atau pesawat ulang alik. Kata teknologi selalu memiliki berbagai penafsiran, mulai dari sekedar piranti keras hingga cara yang sistematis dalam meyelesaikan masalah.
Kata Teknologi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani  technologia. "Techne" artinya : art, skill, craft dan “Logia” : study of . Teknologi juga diartikan sebagai penanganan sesuatu secara sistematik. (Technology is systematic treatment , Webster). 
 Sedangkan menurut beberapa ahli, teknologi diartikan sebagai :
  • Keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. ( Ellul dalam Miarso , 2007:131)
  • Proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk, produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.   (Yusuf Hadi Miarso, 2007 : 62)
  • Pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. (Filsuf pengetahuan)
  • Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. (Kamus besar Bahasa Indonesia).
  • Teknologi  merupakan istilah yang luas berkaitan dengan pemanfaatan dan pengetahuan tentang perkakas dan ketrampilan. ( Wikipedia,2006). 
Dari berbagai definisi diatas kita bisa menyimpulakan bahwa teknologi tidak selalu menyiratkan alat alat atau piranti keras, tapi lebih kepada penggunaan unsur unsur berfikir ilmiah dan sistematik. Sedangkan alat alat, piranti atau bahkan program bisa dikatakan sebagai hasil atau produk dari teknologi. Tapi dalam perkembangannya teknologi selalu dikaitkan dengan produk, baik yang sifatnya hard technology  maupun soft technology atau Hardware dan software.  Dan perlu diingat bahwa hardware tidak akan berguna tanpa software. Sedangkan konsep teknologi dalam teknologi pengajaran yang sedang kita pelajari ini adalah pemanfaatan dan pengetahuan spesifik dari perkakas dan ketrampilan dalam pendidikan. Teknologi pengajaran biasanya dipandang dari perspektif guru. 

Definisi Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.          Definisi Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Pembelajaran merupakan sebuah konsep yang  kompleks sehingga memerlukan definisi yang kompleks pula. Definisi definisi tersebut muncul hendaknya dipandang sebagai suatu kesatuan yang saling memperkaya wacana kita, karena tidak ada satu definisipun yang paling lengkap.
          Definisi Teknologi Pendidikan sendiri seringkali dikacaukan dengan definisi Teknologi Pengajaran/Pembelajaran.  Jika kita cermati, Teknologi Pembelajaran adalah bagian dari Teknologi Pendidikan. Hal ini didasarkan atas konsep bahwa pengajaran / pembelajaran adalah bagian dari pendidikan. Jadi intinya pada cakupan luasnya.
          Menurut Nana Sudjana, Teknologi Pengajaran  merupakan satu himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur , gagasan, peralatan, dan organisasi serta pengelolaan cara-cara pemecahan masalah-masalah pendidikan yang terdapat didalam situasi-situasi belajar yang bertujuan dan disengaja. (1997 : 41).
         Dalam teknologi pembelajaran, pemecahan-pemecahan masalah dalam pembelajaran tersebut dibentuk dalam komponen-komponen  sistem pembelajaran yang dirancang sehingga merupakan struktur alternatif, yang didalam penggunaannya dikombinasikan kedalam satu sistem pembelajaran yang lengkap. Semua komponen teknologi pembelajaran sesuai dengan parameter teknologi pendidikan. Sebaliknya tidak semua komponen teknologi pendidikan sesuai dengan parameter teknologi pembelajaran.
        
Definisi  Teknologi Pendidikan menurut AECT (Association of Educational and Communication Technology) dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan, antara lain :
  1. Systematic way of designing, implementing, and evaluating the total process of of learning and teaching in terms of specific objectives, based on research in human learning and communication and employing a combination of human and non human resources to bring about more effective instruction (Commission on Instructional Technology, 1970)‏ 
  2. educational technology is a field involved in the facilitation of human learning through the systematic identification, development, organization and utilization of full range of learning resources and through the management of these process (AECT, 1972)‏ 
  3. instructional technology is the research in and application of behavioral science and learning theories and the use of a systems approach to analyze, design, develop, implement, evaluate and manage the use of technology to assist in the solving of learning or performance problems. The term instructional technology is often used interchangeably with the term educational technology, but instructional technology often has more emphasis on the scientific and systems approach of instructional problem solving while educational technology focuses more on the craft or art of using technology to support learning 
  4. a systematic way of designing, implementing and evaluating the total process of learning and teaching in terms of specific objectives, based on research in human learning and communication and employing a combination of human and non-human resources to bring about more effective instruction” (U.S. Commission on Instructional Technology definition). 
  5. Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources (AECT, 2004, yang kemudian disyahkan pada tahun 2008)‏
Beberapa hal penting tentang Teknologi Pendidikan . 
  1. Teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin/bidang (field of study) 
  2. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (a.) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (b.) untuk meningkatkan kinerja.
  3. Yang dimaksud dengan teknologi dalam teknologi pendidikan adalah teknologi dalam arti luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech
  4. Teori yang diintegrasikan dalam teknologi pendidikan menurut adalah : a. Teori Pendidikan, b. Teori Psikologi ( terutama teori Belajar), c. Teori Komunikasi, d.Teori Informasi ( Sibernetik), e. Teori ekonomi dan Manajemen , f. Teori Sistem
  5. Beberapa prinsip dalam Teknologi Pendidikan adalah : a. Learner centered / student centered (karakteristik dan kebutuhan tiap peserta didik yang beragam perlu diperhatikan ). b.Pembelajaran perlu disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan lingkungan.. c. Belajar akan efektif bila terlibat aktif dalam proses belajar dan dalam konteks dimana pengetahuan akan diterapkan. d. Peserta didik merefleksi diri dan kolektif selama proses belajar.
  6. Prosedur yang digunakan adalah : a. Isometrik ( penggabungan berbagai disiplin menjadi kebulatan tersendiri), b. Sistematik ( berurutan, terencana, terarah ), c. Sinergestik ( berdaya lipat / memiliki nilai tambah), d. Sistemik ( menyeluruh / komprehensif), e. Inovatif  (pembeharuan) dan   f. Integratif ( terjalin dalam semua bidang).
Landasan dan Kawasan Teknologi Pendidikan

( Silahkan lihat pada slide ppt yang kami tayangkan pd blog ini )


Referensi :
1.  Januszewski Alan & Michael Molenda. 2008. Educational Technology. A definition with Commentary.  New York :  Lawrence Erlbaum Associates.
2. Yusufhadi Miarso, 2007. Menyemai benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Grup.
3. Nana Sudjana, 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.