Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 31 Mei 2013

RESUME TEKNOLOGI PENDIDIKAN
BAB VI
KOMPUTER DAN MULTIMEDIA


   



KELOMPOK SATU :


                       

Ambar sari                              02.7851

Tri sunarni                               02.7856
Eka widayanti                          02.78
Farida nur khasanah                 02.78                                                       
Utaminingsih                             02.7842
Anik suryani                             02.8398




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MAMBA’UL ULUM
SURAKARTA

2013



Kerry Bird
Kelas Empat
Topik : Siklus Air
I.        Menganalisis Pemelajar
Karakteristik Umum : siswa kelas empat ini mempunyai beragam kemampuan membaca. Mayoritas berkemampuan membaca rata-rata, empat siswa berkemampuan di atas rata-rata dan tiga siswa masih berjuang dalam belajar membaca. Secara umum siswa berkelakuan baik tapi ketika menyelesaikan tugas sekolah menjadi gelisah.
Kecakapan dasar : siswa secara umum mampu melakukan hal-hal berikut ini :
Ø  Membuat dan menyimpan presentasi powerpoint
Ø  Menempatkan dan mengunduh berkas digital dari server
Ø  Enyelipkan grafik
Ø  Memasukkan dan menyunting data
            Gaya belajar : siswa kelas empat bisa belajar baik ketika dilibatkan dalam aktivitas langsung dilakukan. Gaya belajar mereka juga bervariasi berdasarkan kemampuan siswa.
II.     Menyatakan Standar dan Tujuan
            Standar Kurikulum : seluruh siswa mengembangkan sebuah pemahaman akan perubahan di bumi dan di langit.
            Standar teknologi : siswa menggunakan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran, meningkatkan produktivitas dan mendorong kreativitas.
            Tujuan belajar :
Ø  Para siswa menggambarkan dan melabeli empat tahap dalam siklus air dalam storyboard digambar tangan.
Ø  Para siswa membuat presentasi powerpoint sesuai dengan aturan (a) berisi lima slide , (b) slide pertama adalah slide judul, (c) tiap slide memuat grafik,teks, dan suara, (d) transisi digunakan di setiap slide, (e) presentasi menggunakan template desain
Ø  Para siswa memperlihatkan pemahaman mengenai siklus air dengan membuat presentasi powerpoint yang menggambarkan dan menyediakan penjelasan dari tiap-tiap tahap.
Ø  Para siswa memperlihatkan pemahaman tentang siklus air secara lisan dengan menjelaskan bahan presentasi yanga ada dalam powerpoint.
III. Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Material
        Memilih strategi : Kerry Bird memilih strategi yang berpusat pada guru dan siswa. Strategi yang berpusat pada guru menjelaskan mengenai proses siklus air dengan poster dinding, tanya jawab. Stategi yang berpusat pada siswa ada tiga tahap . Tahap pertama para siswa melengkapi storyboard siklus air dengan menuliskan penjelasan dari setiap fase dan gambar sketsa yang menggambarkan konsep tersebut. Kedua para siswa membuat presentasi powerpoint dari siklus air. Ketiga siswa menyajikan presentasinya.
        Memilih teknologi dan media : Kerry menggunakan lab komputer karena para siswa harus membuat presentasi powerpoint .
Ø  Selaras dengan standar, hasil, dan tujuan powerpoint
Ø  Informasi yang akurat dan terbaru
Ø  Bahasa sesuai usia
Ø  Tingkat ketertarikan dan keterlibatan
Ø  Kualitas teknis
Ø  Mudah digunakan
Ø  Bebas bias
Ø  Panduan dan arahan pengguna
Memilih materi : materi meliputi poster berwarna dari siklus air , storyboard buatan guru, dan kertas gambar kosong
IV. Menggunakan Teknologi, Media, dan Material
Mempratinjau Teknologi, Media, dan Material : Kerry mempratinjau piranti lunak powerpoint untuk memastikan piranti tersebut memiliki fitur-fitur yang diperlukan untuk mata pelajaran ini.
Mempersiapkan Teknologi, Media, dan Material : Kerry menyiapkan dua produk untuk mata pelajaran tersebut. Pertama adalah storyboard di gambar tangan mengenai siklus air yang menjadi bahan materi yang akan dibuat siswa. Kedua , presentasi powerpoint dari siklus air yang tidak hanya sebagai materi tapi juga menjamin aktivitas yang direncanakan bisa dijalankan.
Menyiapkan Lingkungan : mata pelajaran ini berlangsung di ruang kelas dan lab komputer. Lab computer harus memeriksa setiap computer untuk memastikan bahwa piranti lunak power point berfungsi baik, dan seluruh computer memiliki akses kepada server sekolah, dan seluruh computer bisa menyimpan ke server.
Menyiapkan para pemelajar : Kerry menelaah dasar-dasar menggunakan peranti lunak powerpoint, mengunduh berkas dari server dan menggunakan proyektor digital.
Menyediakan pengalaman belajar : pengalaman belajar terjadi di ruang kelas dan lab computer. Ia melibatkan baik kegiatan yang berpusat pada guru maupun yang berpusat pada siswa.

V.    Mengharuskan partisipasi pemelajar
-          Kegiatan kelompok besar, Kerry bird memperkenalkan mata pelajaran, menelaah tujuan belajar, dan mengajukan pertanyaan kepada para siswa mengenai siklus air saat ia melengkapi dua tahap pertama dari storyboard.
-         Kegiatan siswa mandiri, para siswa secara perorangan menyelesaikan dan membawa serta storyboard ke lab computer dan peranti lunak powerpoint untuk membuat presentasi siklus air.

Mengevaluasi dan merevisi
-          Penilaian pencapaian pembelajar, menurut Kerry ada 2 cara dalam menilainya :
1.      Pertunjukan ( demonstrasi) pengetahuan konten, yang dinilai dari konten dalam presentasi powrepoint dan dari narasi lisan para siswa selama presentasi di depan kelas.
2.      Demonstrasi kemampuan teknologi, yang dinilai adalah kemampuan dalam mengevaluasi presentasi pamungkas para siswa berdasarkan kriteria penugasan.
-          Evaluasi strategis, teknologi, dan media, dengan cara berulang kali memeriksa para siswa selama pelaksanaan mata pelajaran dan melakukan diskusi dengan tujuan untuk mengetahui kesan para siswa tentang pemanfaatan teknologi dan untuk mendapatkan gagasan dalam meningkatkan proses tersebut.
-          Revisi

Jawaban untuk menunjukkan pengetahuan professional
1.      Teknik yang digunakan untuk memadukan computer dan multimedia di dalam kurikulum adalah:
-          Siswa mengerjakan laporan teknologi di dalam kurikulum sekolah, tetapi pendekatannya yang bisa baru ( sebagai sebuah perangkat, computer bisa bermanfaat bagi para siswa saat mereka mencari informasi baru).
-          Dengan perangkat genggam palm atau computer tablet untuk mengumpulkan informasi mengenai bagaimana mengumpulkan informasi dalam siswa menyelesaikan tugas
-          Guru bisa menggunakan computer di akhir jam mengajar untukmembantu dalam menyiapkan materi pengajaran seperti buku petunjuk atau presentasi
-          Buku penilaian terkomputerisasi yang mudah dan nyaman bagi para guru untuk mengelola informasi siswa
-          Para siswa bisa menikmati buku dalam bentuk CD-ROM
-          Siswa mungkin menjalani tes di computer atau memasukkan informasi ke dalam portofolio elektronik
2.      5 jenis piranti lunak yang digunakan dalam ruang kelas :
-          Inspiration kidspiration
-          Jump start math for kindergarteners
-          Decisions
-          Para peneliti hutan hujan
-          Bus sekolah ajaib mendarat di mars
-          Neighborhood map machine
3.      Keuntungan dari penggunakan computer dan multimedia dalam belajar adalah :
-          Individualisasi, kebutuhan khusus, pemantauan, manajemen informasi, pengalaman multisensorik, partisipasi pembelajar
Sedangkan keterbatasan atau kelemahan dari computer dan multimedia adalah :
-          Hak cipta terbatas, ekspektasi yang tinggi, kompleks kurangnya struktur
4.      3 cara untuk menggunakan multimedia di dalam ruang kelas adalah ;
-          Konten harus menyeimbangkan kemampuan mendasar dengan pemikiran tingkat tinggi dan sesuai dengan standar kurikulum
-          Konten harus memacu dan harus menggiring para siswa ke dalam proses belajar mengajar
-          Konten harus membawa para siswa melampaui fakta dan mengajarkan mereka menakar informasi dan menghasilkan kesimpulan yang independen.
5.      Perbedaan antara situasi di lab computer dan kereta laptop nirkabel adalah
-          Pada lab computer, apabila guru menginginkan siswa bekerja mandiri atau dalam kelompok-kelompok kecil dengan program yang berbeda dan kegiatan yang berbeda. Untuk mengawasi kegiatan siswa , agar mereka tetap focus pada tugas dan untuk mencegah siswa melihat-lihat materi yang tidak pantas dan tidak tepat, computer bisa diletakkan di sekitar tembok lab dengan monitor yang menghadap pusat ruangan.
-          Kereta laptop nirkabel sebagai salah satu cara menyediakan banyak computer bagi ruang kelas , tetapi tanpa mengeluarkan banyak biaya meletakkan computer di ruang kelas secara permanen, kereta tersebut memungkinkan para guru untuk memindahkan sekumpulan computer laptop ke dalam ruang kelas mereka ketika diperlukan bagi kelompok-kelompok siswa untuk bekerja. Selain itu, banyak kereta yang memuat teknologi nirkabel sehingga memungkinkan siswa mengakses internet atau peranti lunak yang tersedia di server sekolah utama.

6.      Pengaturan computer di ruang kelas yang berbeda-beda yaitu tentang peranti lunak pada computer, dan pengawasan juga keamanan seluruh komputer pada tiap ruangan